Ocean Acidification

Beberapa lama lalu saya melihat adanya percobaan telur yang direndam di dalam air cuka. Apa yang terjadi? Lama-kelamaan cangkang telur tersebut larut menghilang. Percobaan tersebut langsung mengingatkan saya akan hal yang sedang terjadi di laut yang banyak orang abaikan.

Apa sih memangnya yang tejadi?

Menurut para peneliti, 1/4 dari karbon dioksida hasil pembakaran kita ini larut dengan air laut. Dan waktu karbon dioksida larut ke air laut, air pun berubah menjadi lebih asam. Menurut Tim Ocean Portal, dalam 200 tahun terakhir, tingkat keasaman laut telah meningkat 30 persen lebih asam (lebih cepat dari perubahan apa pun yang terjadi di laut dalam 50 juta tahun lamanya).

Pelarutan cangkang bukan satu-satunya efek yang dirasakan makhluk hidup di laut. Telah diajukan uji coba mengenai bagaimana kadar keasaman yang terus meningkat ini berdampak pada ikan-ikan. Mungkin ikan tidak memiliki cangkang, namun ternyata tingkat keasaman ini juga memengaruhi kelangsungan hidup mereka. Banyak fungsi organ tubuhnya yang dipengaruhi seperti sistem pencernaan atau sistem reproduksi. Tingkat keasaman air laut juga dapat memengaruhi sistem otak pada ikan. Contohnya, clownfish menjadi kesusahan menghindar dari suara bising predator karena tidak dapat mendengar suara ancaman tersebut.

Source: Marine Depot Blog

 
Coba deh bayangin bila hal ini terus terjadi. Bagaimana ya kira-kira nasib makhluk hidup di laut nantinya? Rasanya sedih sekali bila nanti cucu-cucu kita tidak bisa melihat keindahan dunia laut lagi. Pelarutan cangkang dan tingkat keasaman air laut hanya salah satu contoh dari banyak perubahan yang terjadi di dunia ini.

Yuk kita mulai kenalkan anak terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di dunia ini sedini mungkin. Dengan begitu, diharapkan anak kita nantinya akan lebih sadar dan mengetahui sebab-akibat dari keseharian yang kita lakukan. Perkenalan bisa dimulai sesimpel kemperkenalkan lenih dekat dengan alam sekitar kita. Seperti banyak bermain di ruang hijau, menanam tanaman atau memelihara binatang.

Cerita mengenai eksperimen sains yang berkaitan dengan alam bisa dimulai dari percobaan telur dimasukkan ke dalam air cuka seperti video di bawah ini. 


Boleh juga dong tolong share percobaan atau cerita simpel yang dapat disampaikan kepada anak dengan mention @littledunant di Instagram. Siapa tau bisa saya contek juga untuk anak saya.

Sekian dulu. Semoga membantu. Ditunggu sharing-nya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 4 =